Malaysia akan memulangkan 5 ribu ton ke negara asal

Topikindo.com – Malaysia akan memulangkan sekitar 5.000 ton sampah plastik dalam 70 kontainer ke 16 negara asal.

"Jika Anda mengirim sampah ke Malaysia, kami akan mengirimkannya kembali tanpa ampun," kata Yeo Bee Yin sebagai Menteri Energi, Teknologi, Ilmu Pengetahuan, Lingkungan dan Perubahan Iklim Malaysia, 28/5)

Menteri Energi kemudian menjelaskan bahwa sampah tersebut berasal dari 16 negara besar, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Prancis, Kanada, Australia, Indonesia, dan Inggris.

Menurut Yeo, warga di negara asal mengira limbah mereka akan didaur ulang. Tapi ternyata, sebagian besar sampah mereka dibuang ke Malaysia dan dihancurkan dengan menggunakan metode yang merusak alam.

"Wadah-wadah itu dibawa secara ilegal ke negara kami di bawah deklarasi palsu dan pelanggaran lain yang jelas-jelas melanggar hukum lingkungan kita," kata Yeo seperti dikutip oleh Topikindo.com.

Dia kemudian mengungkapkan bahwa ada satu perusahaan di Amerika Serikat yang mengekspor 50.000 ton sampah ke Malaysia dalam dua tahun terakhir.

Yeo juga meminta negara-negara utama untuk melakukan tinjauan terhadap kebijakan pengelolaan limbah mereka sehingga mereka tidak harus mengirim sampah ke negara-negara berkembang.

Sebelumnya, Malaysia juga telah mengirim sepuluh kontainer limbah plastik yang terkontaminasi ke Spanyol dan Inggris.

Pernyataan Yeo adalah ancaman kuat kedua dari negara-negara di Asia Tenggara yang menjadi korban penimbunan dari Barat.

Pekan lalu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan agar 100 kontainer sampah busuk yang dibuang di negaranya pada 2013 dan 2014 dikembalikan ke Kanada.
Pos Negara Malaysia akan memulangkan 5 ribu ton ke negara asal yang ditampilkan sebelumnya di Topikindo. .



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *